Mengubah Display Setting Pada Monitor.

Tahukah Anda apa tujuan mengubah display setting monitor? Setting ini sangat sederhana dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Namun harap diperhatikan bahwa salah satu bagian dari display setting monitor yaitu mengatur resolusi layar bisa menyebabkan malapetaka komputer Anda? Ini bisa terjadi jika VGA komputer misalnya support sampai  1400 x 1250 pixel lalu monitor hanya support 1024 X 768 pixel. Dalam contoh ini jika Anda atur resolusi 1280 X 800 pixel dan ketika muncul konfirmasi Anda jawab [Yes] maka selanjutnya layar tidak ada tampilan lalu mata dan pikiran Anda juga akan gelap jika Anda teknisi pemula.
Mengapa dalam contoh diatas saya sebut berbahaya bagi pemula, karena umumnya user pemula akan gugup jika menghadapi layar hitam “no signal”. Jika itu terjadi,  ada 3 jalan keluar tetapi hanya satu yang agak mudah bagi pemula;
  1. Anda harus punya monitor cadangan yang support sampai 1400 x 1250 pixel. Pasang monitor cadangan ini pada komputer lalu kembalikan settingan yang diubah diatas.
  2. Bisa lewat safe mode lalu kembalikan pengaturannya.
  3. Lewat safe mode “Enable VGA” lalu ubah kembali settingannya.
Akan tetapi saya tidak bermaksud menaku-nakuti Anda, saya berharap agar Anda hati-hati. Lagipula mengubah resolusi layar hanya salah satu bagian dari display setting. Dalam mengatur display setting Anda dapat melakukan hal berikut:
  1. Set up Windows untuk menampilkan gambar dan warna.
  2. Pengaturan screen saver Gunakan untuk beralih dari hal-hal pekerjaan sehari-hari untuk animasi cantik ketika Anda berhenti bekerja untuk sementara waktu.
  3. Anda dapat mengubah pengaturan resolusi layar, yang mengontrol bagaimana
    gambar yang tajam dan rinci menampilkan layar Anda (hati-hati dengan yang ini).
  4. Membuat teks lebih besar atau lebih kecil.
Khusus untuk mengatur Resolusi Layar langkah-langkahnya;
  1. Pilih Start > Control Panel >Appearance and
  2. Personalization dan klik Adjust Screen Resolution.
  3. Pada jendela Screen Resolution, klik panah di sebelah kanan Resolution.
  4. Gunakan slider untuk memilih resolusi lebih tinggi atau lebih rendah. Anda juga dapat mengubah orientasi layar Anda dengan membuat pilihan di daftar drop-down Orientation.
  5. Klik OK untuk menerapkan resolusi layar baru.
CATATAN ;
  • Resolusi yang sangat tinggi, seperti 1400 x 1250, menghasilkan
    crisper gambar lebih kecil. Resolusi  lebih rendah, seperti 800 x 600, menghasilkan crisper gambar lebih besar, gambar agak bergerigi atau kasar. Sisi positif dari resolusi yang lebih tinggi adalah bahwa gambar lebih halus kelihatan pada layar Anda; kekurangannya adalah bahwa kata-kata dan teks mungkin agak sulit untuk dilihat.
  • Link Advanced Settings pada kotak dialog Screen Resolution lain menampilkan kotak dialog di mana Anda dapat bekerja dengan manajemen warna dan pengaturan monitor.
Pada contoh diatas kita menggunakan Windows 7.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar